5 Peluang Usaha Rumahan Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil

0 1,613

Membuka usaha rumahan menjadi pilihan yang cukup layak untuk dipertimbangkan, terutama bagi Anda yang baru akan memulai usaha untuk pertama kalinya. Dan 5 peluang usaha rumahan berikut ini mungkin bisa jadi referensi bagi Anda yang ingin memiliki usaha menguntungkan dengan modal kecil.

peluang usaha rumahan

Meski hanya dalam skala kecil saja, namun usaha rumahan ini tetap harus direncanakan dengan baik sejak awal. Jangan sampai Anda hanya bisa membuka usaha yang berjalan seumur jagung saja, lalu tutup beberapa bulan kemudian.

Penting bagi Anda untuk memikirkan dengan matang rencana usaha yang akan Anda jalankan nantinya. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih mudah dalam mengelola segala sesuatunya dengan lebih simpel dan terarah.

Usaha rumahan akan memungkinkan Anda untuk membuka sebuah usaha meski hanya dengan modal yang kecil sekalipun, sehingga Anda tetap bisa berkembang dengan mengandalkan modal yang terbatas ini.

5 Peluang Usaha Rumahan

Cara Anda mengelola usaha itu sendiri tentu akan menentukan berhasil atau tidaknya usaha Anda. Simak 5 pilihan usaha rumahan berikut ini, yang bisa Anda jalankan dengan modal yang kecil sekalipun:

1. Warung Makan

warung-makanAnda tinggal di lokasi perumahan yang sebagian besar penghuninya sibuk bekerja dan membutuhkan makanan yang telah matang? Maka usaha warung makan rumahan ini akan sangat tepat untuk Anda jadikan sebagai peluang usaha. Pilihlah menu-menu makanan yang banyak diminati, tentunya dengan rasa yang memang enak dan tidak mengecewakan.

Jika Anda bisa mengolah makanan dengan baik, maka usaha rumahan yang satu ini akan berjalan dengan sukses dan bisa memberikan keuntungan besar bagi keuangan Anda. Selain makanan berat, Anda juga bisa menyediakan aneka cemilan lainnya sebagai pelengkap, misalnya: gorengan atau kue-kue basah.

2. Laundry Kiloan

laundry-kiloanMembuka usaha laundri kiloan juga bisa Anda jadikan sebagai pilihan, di mana Anda hanya perlu membeli satu atau dua buah mesin cuci saja, ditambah setrika dan juga detergen khusus yang digunakan untuk usaha ini.

Jangan lupa untuk memilih lokasi strategis, misalnya: kampus, dan juga lokasi yang banyak dihuni oleh pagawai kantoran. Jika usaha ini berkembang dengan baik, maka Anda bisa mempertimbagkan untuk mengambil tenaga tambahan yang bisa membantu Anda menjalankannya.

3. Usaha Kue Basah

kue basahHampir semua orang akan menyukai kue basah, itulah mengapa penganan yang satu ini selalu diminati oleh banyak orang. Akan sangat mudah untuk menjalankan usaha ini, terutama jika ternyata Anda memiliki minat dan keahlian untuk membuat berbagai macam kue.

Pilihlah jenis kue basah yang banyak diminati, sehingga usaha Anda dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu, Anda juga bisa menerima pesanan kue ini dari tetangga atau kerabat dekat lainnya untuk berbagai kebutuhan mereka, seperti arisan dan juga kenduri. Jika berjalan dengan baik, dalam waktu yang singkat saja usaha ini akan bisa memberikan Anda banyak keuntungan.

4. Mengajar Les Privat

les private

Usaha yang satu ini akan sangat tepat untuk dijalankan oleh Anda yang memang memiliki kemampuan yang baik dalam bidang akademik. Meski tidak di semua mata pelajaran, namun setidaknya Anda harus menguasai dengan baik mata pelajaran tertentu yang akan Anda ajarkan kepada peserta les Anda nanti.

Anda bisa memulai usaha rumahan ini dengan cara mengajar anak-anak tetangga Anda, atau bahkan anak saudara Anda terlebih daulu, sehingga orang lain akan lebih mudah mengetahui informasi mengenai usaha yang Anda jalankan tersebut. Jika Anda bisa mengajar dengan baik, maka bisa dipastikan peserta les Anda akan bertambah banyak seiring dengan berlalunya waktu.

5. Jasa Cuci Sepatu

jasa cuci sepatuTidak semua orang memiliki waktu untuk mencuci dan merawat sepatu mereka, sehingga mereka membutuhkan layanan khusus untuk hal tersebut. Dengan bermodalkan kemampuan dan juga detergen khusus untuk sepatu, maka Anda bisa membuka dan menjalankan usaha cuci sepatu rumahan ini dengan baik.

Pilihlah lokasi kampus atau lokasi yang banyak dihuni oleh pekerja kantoran yang pada umumnya sibuk dan tidak memiliki waktu merawat sepatu mereka. Jika dijalankan dengan serius, maka usaha yang satu ini juga bisa memberikan omset yang besar bagi Anda.

Sebenarnya usaha apapun yang kalian jalani, baik itu usaha rumahan dengan modal besar maupun modal kecil. Jika dilakukan dengan kerja keras dan penuh cinta, pasti akan berhasil dan dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Semoga 5 peluang usaha rumahan ini dapat bermanfaat untuk kalian yang ingin memulai usaha. Dan semoga bagi kalian yang sedang memulai usaha baik itu usaha modal kecil ataupun modal besar. Semoga usaha kalian bisa semakin berkembang dan semakin menguntungkan.

Jangan lupa baca terus artikel tentang inspirasi bisnis hanya di sipolos.com – blog inspirasi hidup untuk Indonesia.

Leave a Reply