Email: [email protected]

Biografi Bill Gates – Pendiri Microsoft


biografi bill gates
bill gates

Biografi Bill Gates

William Henry “Bill” Gates III atau yang lebih dikenal dengan nama Bill Gates, lahir di Seattle, Washington pada tanggal 28 Oktober 1955. Dia merupakan seorang tokoh pengusaha, investor, penulis dan filantropis asal Amerika Serikat, serta merupakan mantan CEO yang saat ini sedang menjabat sebagai ketua Microsoft. Microsoft sendiri merupakan salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia yang ia dirikan bersama Paul Allen. Beliau juga merupakan salah satu yang menduduki peringkat teratas orang – orang terkaya didunia. Selama berkarier di Microsoft, Bill Gates pernah menjabat sebagai seorang CEO dan juga kepala arsitek perangkat lunak, dan masih menjadi seorang pemegang saham perorangan yang terbesar dengan lebih dari 8 % saham umum perusahaan. Dan dia juga telah menulis beberapa buku.

Bill Gates merupakan salah seorang pengusaha revolusi di bidang komputer pribadi yang terkenal di dunia. Walaupun Gates dikagumi banyak orang di dunia, akan tetapi beberapa orang khususnya dalam industrinya (kompetitor bisnis) mengkritik taktik atau cara bisnis yang digunakannya, karena dianggap anti-kompetitif, suatu opini (pendapat) yang telah didukung oleh pengadilan pada beberapa kasus. Dalam masa akhir kariernya, Dia melakukan beberapa usaha filantropi, yaitu dengan menyumbangkan sejumlah harta kekayaan yang dimilikinya ke berbagai organisasi amal dan juga beberapa program penelitian ilmiah melalui yayasan yang didirikannya pada tahun 2000, yaitu Bill & Melinda Gates Foundation.

Pada bulan januari tepatnya tahun 2000, Bill Gates mengundurkan diri dari jabatannya yaitu sebagai pejabat eksekutif tertinggi di Microsoft. Akan tetepi dia tidak sama sekali meninggalkan Microsoft, setelah berhenti sebagai pejabat eksekutif, dia masih menjabat sebagai ketua dan juga membentuk jabatan kepala arsitek perangkat lunak. Kemudian pada bulan Juni 2006, dia mengumumkan akan bekerja pada paruh waktu di Microsoft dan juga purna waktu di Bill & Melinda Gates Foundation. Kemudian secara bertahap ia melimpahkan semua pekerjaannya kepada Ray Ozzie, seorang kepala arsitek perangkat lunak dan juga Craig Mundie, seorang pejabat riset dan strategi tertinggi di Microsoft. Hari kerja purna waktu terakhir Bill Gates di Microsoft ialah pada tanggal 27 Juni 2008.

Kehidupan Awal Bill Gates

Bill Gates lahir di Seattle, Washington, kedua orang tuanya adalah William H. Gates, Sr dan juga Mary Maxwell Gates yang merupakan seorang keturunan bangsa Inggris, Jerman dan juga Skot-Irlandia. Keluarga Bill Gates merupakan termasuk keluarga yang tergolong masyarakat menengah ke atas, ayahnya merupakan seorang pengacara ternama dan ibunya adalah seorang yang menjabat sebagai anggota dewan direktur di First Interstate BancSystem dan juga United Way. Bill Gates memiliki seorang kakak yang bernama Kristi (Kristianne) dan juga seorang adik yang bernama Libby. Dia merupakan keturunan keempat di keluarganya, Akan tetapi dikenal sebagai William Gates III (Trey) karena ayahnya telah menyandang akhiran “II”. Di awal kehidupannya, orang tua Gates mengharapkan bill gates agar berkarir di bidang hukum.

Di usia yang ke 13 tahun, bill gates bersekolah di sekolah persiapan eksklusif yaitu Lakeside School di Seattle. Pada saat kelas delapan, Mothers Club yang ada di sekolah telah memanfaatkan izin dari sebuah obral barang lama dari Lakeside School untuk dapat membeli sebuah terminal, yaitu Teletype Model 33 ASR dan sebagiannya telah menggunakan komputer General Electric (GE) untuk para siswa sekolah. Gates kemudian tertarik untuk memprogram sistem dari GE dengan menggunakan BASIC, kemudian dia keluar dari kelas matematikanya untuk dapat mengejar keinginannya. Ia menulis program komputer pertamanya di mesin ini, sebuah penerapan tic-tac-toe yang memungkinkan pengguna bermain komputer melawan komputer. Gates terpesona dengan mesin ini dan cara mesin mengeksekusi kode perangkat lunak dengan sempurna. Ketika ia mengenang kembali masa-masa itu, ia mengatakan, “Ada sesuatu yang pas dengan mesin tersebut.” Setelah sumbangan Mothers Club habis, ia dan siswa lain menghabiskan waktu dengan mengerjakan beberapa sistem, termasuk minikomputer DEC PDP. Salah satu sistem tersebut adalah PDP-10 yang dimiliki oleh Computer Center Corporation (CCC), yang melarang empat siswa Lakeside—Gates, Paul Allen, Ric Weiland, dan Kent Evans—selama musim panas setelah mereka tertangkap mengeksploitasi bug di sistem operasi untuk memperoleh waktu komputer bebas.

Bersambung…

Itulah artikel tentang biografi Bill Gates, sebenarnya masih banyak sekali yang bisa di ceritakan tentang sosok pendiri microsoft ini. semoga artikel biografi tokoh dunia kali ini bermanfaat bagi seluruh pembaca sipolos.com, Sampai ketemu pada kolom biografi tokoh dunia lainnya. Salam Hangat dari sipolos.com.

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Bill_Gates