Blog Inspirasi Hidup Untuk Indonesia

Biografi Steve Jobs Seorang Innovator dan Pendiri Apple Computer

0 1,121

Artikel ini menceritakan biografi Steve Jobs, beliau adalah seorang yang berada dibalik kesuksesan perusahaan Apple computer hingga menjadi salah satu perusahaan paling bernilai di Dunia.

biografi steve jobs

Pasti sudah sangat hafal dan tidak asing lagi dengan nama Steven Jobs ditelinga kita. Pendiri dari Apple Computer ini begitu terkenal di bidang teknologi. Lalu seperti apakah kehidupan beliau dimasa lalu, sampai dia bisa mendirikan perusahaan Apple computer yang kini merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia. berikut ini adalah kisah steve jobs Sang Pendiri Apple Computer

Biografi Hidup Steve Jobs

Jobs lahir di San Fransisco, Amerika Serikat pada tanggal 24 februari 1955. Orang tua kandung Jobs bernama Abdulfattah Jandali, seorang sarjana asal Suriah yang kemudian menjadi profesor ilmu politik, dan Joanne Simpson, seorang sarjana berkebangsaan Amerika Serikat yang kemudian menjadi patolog bahasa wicara yang kemudian menikah, melahirkan dan membesarkan adik kandung Jobs, yaitu novelis Mona Simpson.

Ketika lahir Jobs memiliki nama Abdul Lateef Jandali hingga akhirnya berubah ketika diadopsi oleh Reinhold dan Clara Jobs (née Hagopian) dari Mountain View, California, yang kemudian menamainya Steven Paul. Saat Steve masih balita, pasangan Reinhold dan Clara mengajaknya pindah ke Santa Clara County, yang kemudian dikenal sebagai Silicon Valley. Disana mereka mengadopsi bayi perempuan yang bernama Patti.

Jobs bersekolah di Cupertino Junior High School dan Homestead High School di Cupertino, California ia terdaftar di kelas elektronik yang paling populer di sekolah itu. Kemampuan Steve berkembang pesat pada saat itu. Di sana ia juga bertemu dengan Steve Wozniak yang memilki minat yang sama dengan Jobs di bidang elektronik.

Ia sering menghadiri kuliah setelah sekolah di Hewlett-Packard Company di Palo Alto, California. Pada tahun 1972, Jobs lulus dari sekolah menengah atas dan mendaftar masuk Reed College di Portland, Oregon, namun ia hanya selama satu semester (6 bulan) di Reed College karena drop out. Kemudian ia melanjutkan audit kelasnya di Reed, seperti kelas kaligrafi. Jobs kemudian berkata, “Jika aku tidak menghadiri kuliah tunggal di perguruan tinggi itu, maka Mac tidak akan memiliki beragam huruf cetak ataupun huruf dengan spasi sejajar”.

Pada musim gugur tahun 1974, Jobs kembali ke California dan mulai menghadiri petemuan Homebrew Computer Club bersama Wozniak. Ia mengambil pekerjaan sebagai teknisi di perusahaan Atari, sebuah perusahaan pembuat berbagai permainan video populer, dengan tujuan utama mengumpulkan uang untuk melakukan perjalanan spiritualnya ke India.

Jobs kemudian berangkat ke India untuk mengunjungi Neem Karoli Baba di Kainchi Ashram-nya bersama seorang teman dari Reed College, Daniel Kottke, untuk mencari pencerahan spiritual. Ia pulang dalam keadaan menganut agama Buddha dengan kepala tercukur dan mengenakan pakaian tradisional India. Pada waktu itu, Jobs sedang bereksperimen dengan obat psikedelik dan menyebut pengalaman LSD-nya sebagai “satu dari dua atau tiga hal terpenting yang pernah dilakukan dalam hidupnya.

Pada tahun 1991 dirinya menikah dengan seorang wanita bernama Laurene Powell dan mempunyai 4 orang anak. Tetapi sebelummnya mereka menjalin percintaan yang penuh dengan drama. Anak pertamanya merupakan hasil diluar nikah, Jobs sempat menolak untuk menikahinya karena dia sedang serius dengan pekerjaan dan kuliahnya. Bahkan sempat salah satu teman dekat Jobs merasa iba pada Laurene.

Mendirikan Perusahaan Apple Computer

Pada tahun 1976, Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne, mendirikan Apple yang bernama Apple Computer co. dengan pendanaan dari manajer pemasaran produk dan teknisi semi-pensiun Intel A.C. Mike Markkula Jr. Sebelum mendirikan Apple bersama-sama.

Steve Jobs dan Wozniak telah berteman selama bertahun-tahun, bertemu pada tahun 1971 ketika teman mereka, Bill Fernandez, memperkenalkan Wozniak yang berusia 21 tahun kepada Jobs yang berusia 16 tahun. Steve Jobs berusaha membuat Wozniak tertarik merakit komputer dan menjualnya. Ketika Apple terus meluas, perusahaan mulai mencari eksekutif berpengalaman untuk membantu mengelola ekspansinya.

Komputer pertama yang diperkenalkan oleh Jobs dan Wozniak diberi nama Apple I. Kemudia pada tahun 1977, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II kepada publik. Sejak itu penjualan Apple II berkembang pesat. Tepat pada tahun 1980 Apple Computer co memperkenalkan produk barunya yaitu Apple III, namun perkembangannya tidak sebaik ketika memperkenalkan Apple II.

Apple Computer Dipimpin Jhon Sculley

Seiring dengan berkembangnya Apple Computer, perusahaan tersebut mulai mencari kepemimpinan baru untuk membantu mengatur perkembangan perusahaan tersebut. Pada tahun 1983, Steve Jobs menggaet Jhon Sculley dari perusahaan Pepsi-Cola untuk memimpin Apple Computer. Pada tahun tersebut Apple memperkenalkan produk mereka yang terbaru, yaitu Apple Lisa dengan teknologi canggih dan tergolong sangat maju pada waktu itu, namun produk tersebut gagal dalam pasar.

Ditahun berikutnya yaitu tahun 1984 Jobs dan rekan kerjanya tidak menyerah begitu saja mereka mengeluarkan produk terbaru, yaitu Macintosh, komputer pertama yang berhasil dijual ke pasaran dengan menghadirkan fitur antarmuka pengguna grafis. Pengembangan Mac dicetuskan oleh Jef Raskin dan tim tersebut menggunakan teknologi yang sudah dikembangkan bukan oleh Apple, seperti di Xerox’s PARC.

Macintosh menjadi komputer kecil pertama yang sukses secara komersial dengan antarmuka pengguna grafis. Pengembangan Mac dimulai oleh Jef Raskin, dan diambil alih oleh Jobs. Kesuksesan Macintosh membuat Apple menelantarkan Apple II demi mengembangkan produksi Mac yang masih bertahan sampai saat ini.

Steve Jobs di keluarkan dari Apple

Di bawah kepimimpinan Sculley, ternyata Steve Jobs tidak menemukan keserasian. Banyak hal yang kurang sejalan antar keduanya. Ditambah terjadinya penurunan penjualan di seluruh industri menjelang akhir 1984 yang mengakibatkan hubungan antara keduanya tidak baik. Hingga akhirnya pada tahun 1985 Sculley mengeluarkan Steve Jobs dari perusahaan Apple.

NeXT Computer

Keluar dari Apple, Steve Jobs mendirikan perusahaan baru yang diberi nama NeXT Computer yang bergerak dalam pengembangan software komputer. Produk NeXT Computer mempunyai teknologi yang tergolong sangat canggih pada waktu itu. Namun seperti beberapa produk Jobs lain yang gagal (Apple Lisa), ternyata produk canggih yang ditawarkan NeXT Computer juga kurang dilirik pasaran. Kembali lagi Jobs dihadapkan dihadapkan dengan kegagalan produknya.

Pada tahun 1996, Apple membeli NeXT seharga US$ 402 juta, dan secara otomatis membawa Jobs kembali ke perusahaan yang ia dirikan. Tahun 1997 ia menjadi pemimpin sementara di Apple setelah kepergian Gil Amelio. Steve bersama rekan rekannya mengembangkan komputer dengan teknologi canggih yaitu Macintosh yang hingga kini masih dikembangkan dengan brand Apple Mac.

Dengan pembelian NeXT Computer, banyak teknologi dari NeXT diterapkan ke dalam produk buatan Apple. Terutama NeXTSTEP, yang berkembang menjadi Mac OS X. Dibawah bimbingan Jobs perusahaan tersebut meningkatkan penjualannya setelah memperkenalkan iMac. iMac merupakan komputer pertama yang dijual dengan mengutamakan penampilannya.

Pixar dan Disney

Pada tahun 1986, Steve Jobs membeli The Graphics Group kemudian berganti nama menjadi Pixar dari divisi grafis komputer Lucasfilm senilai US$10 juta. US$5 juta di antaranya diberikan kepada Lucasfilm sebagai modal. Saat ini siapa yang tidak mengenal Pixar studio animasi komputer terbesar di dunia. Sudah banyak sekali film animasi yang dikeluarkan dari studio ini. beberapa contoh filmnya seperti car, nemo, finding dori, toy story, dan masih banyak yang lainnya.

Jobs menjabat sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios. Kemudian ia menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company pada tahun 2006, Setelah Pixar diambil alih oleh Disney. Film pertama yang diproduksi, yaitu Toy Story. Film tersebut membawa ketenaran dan pujian kritikus kepada studio ini dan juga namanya dicantumkan sebagai produser eksekutif dalam film Toy Story ketika dirilis tahun 1995.

Bulan Agustus 2011, Jobs mengundurkan diri sebagai CEO Apple. Ia akan tetap menjabat di perusahaan ini sebagai ketua dewan perusahaan. Beberapa jam setelah pengumuman tersebut, saham Apple Inc. (AAPL) turun 5% dalam perdagangan pasca penutupan.

Steve Jobs Meninggal Dunia

Kesehatan Steve Jobs terus diberitakan selama beberapa tahun mengalami penurunan, dan ia melakukan cuti medis sejak Januari 2011. Pada tanggal 5 Oktober 2011, Jobs meninggal dunia di California pada usia 56 tahun. Jobs meninggal setelah tujuh tahun didiagnosis menderita kanker pankreas. Jobs meninggalkan Laurene, istrinya selama 20 tahun, tiga anak mereka dan Lisa Brennan-Jobs, putri Jobs dari hubungan sebelumnya. Keluarganya merilis pernyataan yang mengatakan bahwa ia “meninggal dalam damai”. Pemakaman kecil Steve Jobs dilaksanakan secara tertutup pada tanggal 7 Oktober 2011.

Baca juga artikel biografi tokoh dunia lainnya.

Itulah biografi steve jobs, sang pendiri apple computer. Berkali – kali gagal dalam bisnisnya, bahkan sempat dikeluarkan dari perusahaan yang dia dirikan sendiri, tidak menyurutkan tekatnya untuk menciptakan suatu produk yang baru. Jika jobs tidak mempunyai jiwa yang besar, maka kita tidak akan bisa menikmati produk canggih yang dikeluarkan oleh apple. Kisah hidupnya sudah beberapa kali diangkat dilayar kaca, dan semuanya mendapatkan respon yang bagus dari para penikmat dan kritikus film.

steve jobs dengan apple macbook

Semoga kisah steve jobs ini bermanfaat bagi seluruh pembaca, jangan lupa baca biografi tokoh dunia lainnya di sipolos.com

Leave a Reply