Blog Inspirasi Hidup Untuk Indonesia

6 Tips Penting Untuk Memulai Bisnis Budidaya Jamur Tiram

0 1,354

Bisnis Budidaya Jamur Tiram merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Lalu bagaimanakah cara budidaya jamur tiram? Simak artikel ini.

bisnis budidaya jamur tiram

Saat mengambil keputusan untuk memulai sebuah bisnis yang baru, Anda tentu akan mempersiapkan banyak hal terlebih dahulu. Membuat rencana dan anggaran bisnis yang tepat adalah dua hal yang tidak bisa Anda abaikan begitu saja, sebab ini akan mempengaruhi keberhasilan Anda dalam menjalankan bisnis tersebut.

Bagaimanapun juga, bisnis akan menjadi salah satu atau bahkan menjadi sumber pendapatan utama di dalam keuangan Anda, sehingga penting bagi Anda untuk merencanakannya dengan sebaik mungkin sejak awal.

Namun di luar kedua hal tersebut, memilih jenis bisnis yang akan Anda jalankan kelak adalah hal penting lainnya yang tidak bisa dilupakan. Jangan sampai Anda menjalankan bisnis yang tidak Anda pahami sama sekali, sebab ini sangat beresiko dan bisa saja menimbulkan kerugian di masa yang akan datang.

Penting bagi Anda untuk memilih jenis bisnis yang Anda pahami dengan baik sejak awal, atau bahkan akan lebih baik jika Anda menjalankan bisnis yang memang Anda minati sejak awal.

Pada dasarnya ada banyak bisnis rumahan yang bisa Anda jalankan dengan mudah, bahkan yang hanya membutuhkan modal yang kecil sekalipun banyak, misalnya bisnis budidaya jamur tiram .

Tips Bisnis Budidaya Jamur Tiram

Jika Anda berminat untuk membudidayakan jamur tiram, maka upayakanlah untuk terlebih dahulu mengumpulkan informasi yang paling akurat terkait dengan bisnis tersebut, sehingga Anda memang memiliki pemahaman dan pengetahuan yang cukup untuk menjalankannya.

Mulai bisnis budidaya jamur tiram  Anda dengan terencana, simak beberapa tips berikut ini yang bisa Anda terapkan di dalam bisnis tersebut:

  1. Pilih dan siapkan lokasi yang tepat

Jamur tiram membutuhkan kumbung (ruang tanam) yang khusus, sebab tanaman ini hanya akan tumbuh pada kelembaban tertentu saja.

Jadi pastikan Anda memiliki kumbung yang tepat untuk menanam jamur tiram tersebut. Hal ini bertujuan agar jamur tiram Anda bisa tumbuh dengan baik dan maksimal. Jika kumbung terlalu panas / padat, biasanya jamur akan mengalami pembusukan.

Namun di lain sisi, jika terlalu lembab, maka hama dan juga penyakit lainnya juga akan berkembang dan menyerang tanaman tersebut. Cermati hal ini dengan baik sejak awal, sebab sangat penting untuk memilih kumbung yang tepat dengan suhu serta kelembaban yang pas.

  1. Siapkan bibit jamur terbaik

Untuk budidaya jamur tiram, Anda harus bisa menemukan dan memilih jenis bibit jamur terbaik. Hal ini akan sangat mempengaruhi hasil panen Anda kelak, karena itu upayakan untuk membudidayakan bibit jamur yang layak dan memang bisa diandalkan.

Bibit bersertifikat ini bisa Anda dapatkan di dinas pertanian atau petani jamur lainnya yang telah berpengalaman menghasilkan bibit jamur berkualitas baik. Harganya mungki beragam, jadi Anda harus jeli untuk menemukan jamur dengan harga yang juga masuk akal.

Namun jika Anda memang memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan pembibitan, maka tidak ada salahnya Anda membibitkan sendiri jamur yang akan Anda tanam tersebut.

  1. Tanam dan rawat dengan baik

Jamur tiram berbeda dengan tanaman lainnya, sebab tanaman ini akan Anda tanam di dalam ruangan saja. Sangat penting bagi Anda untuk memahami cara penanaman yang baik, terutama jika ini akan menjadi tanaman jamur pertama bagi Anda.

Pelajari cara mengatur letak dan juga penyusunan jamur tersebut sejak awal, agar Anda lebih mudah ketika merawat dan memanennya kelak.

  1. Penuhi nutrisinya dengan tepat

Jika Anda membibitkan sendiri jamur tiram Anda sejak awal, maka sangat penting untuk memahami komposisi media tanam (baglog) yang akan Anda gunakan.

Jangan sampai salah satu komponen di dalamnya terlalu banyak atau bahkan kurang, sebab ini akan membuat hasil panen Anda tidak maksimal.

  1. Lakukan penyiraman secara teratur

Jamur juga akan membutuhkan penyiraman, bahkan hingga 2-3 kali dalam sehari. Pastikan Anda mamahami aturan penyiraman ini dengan baik sejak awal, sehingga Anda tidak melakukannya secara berlebihan atau bahkan kurang.

  1. Waspadai hama

Selalu jaga kebersihan kumbung Anda dan juga media tanam yang Anda gunakan. Hal ini bertujuan agar tanaman jamur Anda terhindar dari hama ulat, semut, dan yang lainnya.

Baca juga :

Jika Anda memulai bisnis Anda dengan langkah yang tepat dan pemahaman yang baik, maka Anda akan lebih mudah dalam mengelola dan mengembangkannya secara maksimal.

Ke 6 tips diatas akan sangat penting apabila Anda memang ingin serius dalam bisnis budidaya jamur tiram. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa baca artikel inspirasi bisnis lainnya hanya di sipolos.com – blog inspirasi hidup untuk Indonesia.

Leave a Reply