4 Hal Penting Dalam Memulai Bisnis Ternak Ayam Petelur

0 1,368

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis budidaya atau ternak ayam petelur, 4 hal ini wajib anda ketahui. Berikut ulasannya.

bisnis ternak ayam petelurAda banyak alasan mengapa seseorang berniat untuk memulai bisnis yang baru dan meninggalkan pekerjaannya yang lama, di mana orang tersebut berani mengambil resiko dan juga menghadapi semua tantangan baru yang akan dihadapinya di dalam dunia bisnis itu sendiri. Selalu ada kata pertama untuk semua hal, termasuk dalam bisnis yang akan Anda geluti kelak.

Namun meski siap dan telah berani menghadapi tantangan, bukan berarti bisnis bisa dijalankan dengan sesuka hati, mengingat kegiatan ini akan melibatkan uang dalam jumlah yang cukup besar. Anda tentu tidak ingin menjalankan bisnis yang hanya akan berusia seumur jagung saja dan segera tutup kembali, bukan?

Pilih bisnis yang tepat

Meski ada banyak jenis bisnis yang bisa dijalankan dengan mudah, namun sangat penting bagi Anda untuk menemukan dan memilih salah satu bisnis yang paling tepat untuk Anda. Artinya, Anda memiliki minat dan juga kemampuan dasar yang baik dalam bidang tersebut, sehingga Anda akan jauh lebih mudah untuk mengelolanya di masa yang akan datang.

Bukan terasa seperti sedang bekerja, namun Anda akan merasa nyaman dan selalu memiliki energi yang positif saat menjalankan bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda.

Bagi Anda yang memiliki pekarangan / lahan yang memadai, bisnis ternak ayam petelur bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Bisnis yang satu ini tidak akan pernah sepi, mengingat tingkat konsumsi telur akan selalu stabil dan bahkan meningkat dari waktu-waktu.

4 Persiapan Bisnis Ternak Ayam Petelur

Anda tidak akan mengalami masalah untuk memasarkan hasil ternak ini, sebab bisa dipastikan bahwa pasar yang ada akan selalu terbuka dengan lebar untuk hasil produksi ternak Anda. Mulai bisnis Anda dengan langkah yang tepat, simak beberapa tips berikut ini sebelum menjalankan bisnis ternak ayam petelur:

  1. Buat Rencana yang Matang

perencanaan bisnis ayam petelurBisnis ternak akan selalu membutuhkan sebuah perencanaan yang sangat matang, mengingat Anda akan memelihara ratusan ekor ayam petelur sekaligus. Jadi, siapkan sebuah rencana yang matang untuk memulai bisnis tersebut.

Hal ini tidak hanya meliputi rencana teknis saja, namun juga rencana anggaran yang paling tepat dan sesuai dengan keuangan Anda.

Jangan sampa bisnis Anda kelak akan terbengkalai di tengah jalan, hanya karena modal yang kurang dan habis di tengah jalan. Buatlah rencana yang efektif, namun tetap masuk akal dan tidak belebihan bagi kemampuan Anda.

  1. Kenali Ternak Anda Sengan Baik

jenis ayam petelurKetika Anda memutuskan untuk beternak ayam, maka sudah pasti Anda wajib untuk memahami dan mengenal secara detail ternak Anda tersebut.

Jangan sampai Anda beternak sesuatu yang tidak Anda kenal atau sukai sama sekali, sebab ini akan membuat Anda mengalami kesulitan untuk mengatasi dan mengatur segala sesuatunya kelak.

Miliki kemampuan yang baik untuk mengurus dan juga membenahi berbagai masalah serta kendala yang mungkin akan Anda hadapi nanti.

  1. Siapkan Kandang yang Layak

kandang untuk ayam petelurAyam petelur membutuhkan kandang khusus, di mana Anda bisa menaruh dan memelihara mereka dengan baik dan layak.

Jika ayam-ayam Anda sehat, maka hasil produksi akan selalu baik atau bahkan meningkat, itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk menyiapkan kandang yang layak dan memadai untuk menampung semua ternak ayam Anda tersebut.

Terapkan beberapa sistem khusus di dalam kandang tersebut.

Hal ini agar Anda lebih mudah membersihkan atau bahkan mengumpulkan semua telur-telur yang dihasilkan.

misalnya: dengan mengatur kemiringan kandang sedemikian rupa, sehingga kotorannya akan jatuh ke bawah dan telurnya terkumpul di bagian depan kandang.

  1. Berikan Makanan dan Perawatan Terbaik

pakan untuk bisnis ayam petelurTelur yang baik tentu akan dihasilkan oleh ayam yang sehat saja. Artinya, jika ayam Anda tidak sehat, maka telur yang akan Anda dapatkan juga mungkin tidak akan berkualitas baik dan maksimal.

Untuk itu, selalu upayakan memberi makanan terbaik dan juga vitamin lainnya yang dibutuhkan, sehingga kesehatan ternak ayam Anda selalu terjaga.

Bukan hanya itu saja, Anda juga harus memberikan perawatan terbaik, termasuk dengan cara menjaga kebersihan kandang ayam tersebut secara maksimal.

Baca juga :

Mulai bisnis ternak ayam petelur Anda sejak sekarang, agar Anda segera bisa menikmati hasilnya dalam waktu dekat. Semoga artikel ini bisa membantu dalam memulai bisnis Anda. Jangan lupa baca artikel inspirasi bisnis lainnya hanya di sipolos.com – Blog inspirasi hidup untuk Indonesia.

Leave a Reply