Inilah 4 Hal Penting Cara Bisnis Penggemukan Sapi

0 1,059

Bisnis ternak sapi merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Lalu bagaimanakah cara bisnis penggemukan sapi? simak artikel berikut ini.

bisnis penggemukan sapi

Daging sapi menjadi salah satu jenis daging yang paling diminati di Indonesia, sehingga tidak mengherankan jika jumlah permintaan akan jenis daging yang satu ini selalu meningkat dari waktu ke waktu. Ada banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan daging sapi, termasuk sejumlah makanan olahan siap saji yang bahan dasarnya menggunakan daging ini juga.

Selain itu permintaan daging sapi juga sangat banyak pada saat menjelang idul adha, tak heran bisnis penggemukan sapi merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan.

Banyak peminat dan juga pasarnya sangat luas, tentu peluang bisnis di bidang ini juga sangat terbuka dengan lebar. Lalu, apakah Anda berminat untuk menjadi salah satu pelaku bisnisnya?

Jika Anda berminat untuk menekuni bisnis ternak sapi, maka bisnis penggemukan sapi adalah pilihan yang tepat.

Berbeda dengan bisnis indukan atau yang khusus untuk mengembangbiakkan, penggemukan sapi hanya untuk memelihara sementara sapi dewasa yang dalam kondisi kurang layak (kurang gemuk), di mana Anda menggemukkannya sebelum akhirnya dikonsumsi. Hal ini tentu tidak akan serumit ketika Anda memelihara sapi kecil yang baru saja disapih dari induknya, atau bahkan memelihara sapi indukan yang dikembangbiakkan menjadi banyak.

Kegiatan penggemukan lebih mudah dan simpel, mengingat Anda hanya akan merawat dan menangani sapi-sapi yang sudah besar dan tidak lagi membutuhkan perawatan ekstra dan rumit, sebagaimana layaknya sapi kecil yang baru dilahirkan.

Namun meski demikian, bisnis penggemukan sapi ini tetaplah harus dijalankan dengan perencanaan yang baik sejak awal. Sebab untuk menjalankan bisnis ini Anda akan membutuhkan modal yang cukup besar. Jangan sampai Anda mengalami kerugian di masa yang akan datang, hanya karena kurangnya persiapan dan juga perencanaan yang baik di dalam bisnis ternak sapi yang akan Anda jalankan nanti.

Cara Bisnis Penggemukan Sapi

Selain pemahaman yang baik tentang ternak sapi itu sendiri, berikut ini adalah beberapa tips atau cara yang perlu Anda cermati saat akan menjalankan bisnis penggemukan ternak sapi:

  1. Siapkan Lahan yang Baik

lahan ternak sapiMemelihara sapi berbeda dengan memelihara ternak lainnya, sebab Anda akan membutuhkan lahan yang cukup luas untuk kegiatan yang satu ini. Pastikan Anda sudah memiliki lahannya terlebih dahulu, sehingga Anda lebih mudah untuk menyusun rencana dan mempersiapkan berbagai kebutuhan lainnya untuk bisnis ini.

Jika memungkinkan, Anda bisa menanami lahan yang Anda miliki dengan tanaman yang dapat dijadikan pakan. Namun jika lahannya hanya terbatas, maka Anda tentu harus mempertimbangkan lahan lain atau membeli pakan khusus untuk ternak Anda nanti.

Pertimbangkan juga persediaan air dan juga sisitem pembuangan limbah (kotorannya), sehingga sapi-sapi Anda nanti bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

  1. Buat Kandang yang Layak

kandang ternak sapiJika lahannya sudah tersedia, maka langkah selanjutnya adalah membuat kandang yang layak dan tepat. Artinya, Anda harus memastikan bahwa ternak sapi Anda memang nyaman dan bisa tumbuh dengan baik di kandang yang akan Anda bangun.

Lakukan perhitungan jumlah sapi yang akan Anda pelihara dan pastikan kandang Anda layak untuk menampung semua sapi-sapi tersebut.

Terapkan beberapa hal yang penting di kandang yang Anda bangun, misalnya: sistem pembuangan kotoran, tempat makan, dan yang lainnya.

  1. Pilih Jenis Sapi yang Tepat

jenis ternak sapiLangkah selanjutnya yang harus Anda tempuh adalah memilih jenis sapi yang paling tepat, sehingga hasil ternak Anda akan baik dan tidak mengecewakan.

Ada beberapa jenis sapi yang bisa Anda jadikan pilihan, seperti: sapi Madura, limousin, atau bahkan brahman.

Anda harus mengenal dan mengerti dengan baik karakteristik sapi yang akan Anda jadikan ternak, sehingga Anda bisa memeliharanya dan memberikan perawatan yang paling tepat bagi sapi-sapi tersebut.

  1. Berikan Pakan dan Juga Perawatan Terbaik

makan atau pakan ternak sapiJika semua hal yang disebut diatas sudah Anda persiapkan dengan baik dan matang. Ada satu hal lainnya yang juga wajib Anda lakukan untuk membuat bisnis ini berjalan dengan baik dan lancar. Satu hal tersebut yakni memberikan pakan dan juga perawatan terbaik untuk ternak sapi Anda.

Ini sangat penting, sebab bagaimanapun juga ternak yang baik hanya akan dihasilkan dari penanganan yang baik serta pakan yang sehat, teratur dan mencukupi.

Baca juga :

Bila Anda bisa merawat dan memberinya pakan yang cukup selama beberapa bulan tersebut, maka sapi-sapi tersebut akan tumbuh sehat dan gemuk. Dengan begitu tentu akan menghasilkan kebaikan bagi bisnis Anda.

Itulah beberapa tips dalam bisnis penggemukan sapi, semoga artikel ini menginspirasi Anda dalam memulai dan mengembangkan bisnis Anda. Jangan lupa untuk baca artikel inspirasi bisnis lainnya hanya di sipolos.com – blog inspirasi hidup Indonesia.

Leave a Reply