Email: [email protected]

Cara Menggunakan Generator Agar Aman Saat Digunakan


Berikut ini sipolos akan memberikan info cara menggunakan generator agar aman saat digunakan. Sebelum kita membahas tentang cara penggunaan alat ini, ada baiknya kita akan mengenal sedikit masalah keamanan yang perlu diwaspadai dari penggunaan generator.

cara menggunakan generator

Generator merupakan sumber tenaga listrik yang baik untuk memenuhi kebutuhan listri bagi seluruh masyarakat. Akan tetapi penggunaan generator bukanlah tanpa resiko, terutama pada sisi keamanan pada saat digunakan karena dapat menimbulkan hal hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan peralatan listrik, kebakaran bahkan hingga dapat menyebabkan cidera atau bahkan kematian bagi orang yang mengoperasikan alat ini. oleh karena itu perlu kehati hatian dan pengetahuan dalam mengoperasikan generator agar hal hal yang tidak diinginkan dapat terhindari, sebelum kita membahas cara menggunakan generator berikut ini masalah keamanan yang perlu diketahui untuk di waspadai oleh para pengguna atau operator generator.

Masalah keamanan dalam penggunaan generator yang perlu diwaspadai:

Ada beberapa hal yang harus diwaspadai sebelum menggunakan generator, berikut ini adalah beberapa hal tersebut.

  • Karbon monoksida (CO), yang perlu diperhatikan dalam penggunaan generator adalah kandungan CO dari asap yang dikeluarkan dari knalpot generator yang dapat menyebabkan keracunan. Kesalahan dalam penggunaan generator dapat menyebabkan pengguna dapat keracunan CO, hal itu harus dihindari karena kandungan dari CO dapat mengakibatkan hal hal yang tidak di inginkan apabila telah meracuni pengguna atau operator generator karena dapat menyebabkan penyakit yang serius bahkan kematian.
  • Karena CO tidak berbau dan juga tidak terlihat, agar dapat menghindari keracunan CO perlu diinstal detector CO. Hal itu akan dapat memberi peringatan jika CO mengalami peningkatan.
  • Ada baiknya jangan menggunakan generator di dalam ruangan ataupun di luar yang dekat dengan jendela atau ventilasi udara yang dapat menyebabkan atau memungkinkan CO masuk ke dalam ruangan.
  • Harus diperhatikan juga untuk selalu menjaga aliran udara yang keluar dari generator.
  • Apabila Anda menggunakan generator untuk sumber tenaga listrik darurat di rumah Anda, jika ketika generator telah dinyalakan dan kemudian Anda mulai merasa seperti pusing, gejala flu atau sakit. Cepatlah untuk segera keluar dari dalam ruangan, karena ada kemungkinan sesuatu yang salah pada udara di ruangan Anda yang diakibatkan oleh generator.

Cara Menggunakan Generator dengan Aman

Apabila Anda sudah tau apa saja yang harus diwaspadai ketika menggunakan generator, sekarang saatnya kita mempelajari cara menggunakan generator yang benar agar hal hal yang diwaspadai tersebut tidak akan terjadi kepada kita.

Pada saat menggunakan generator Ada baiknya lokasinya cukup jauh dari rumah anda, minimal dinyalakan di luar ruangan, dan pastikan gas CO nya tidak masuk kedalam rumah Anda. Ada baiknya, hidupkanlah generator di bawah kanopi yang terbuka.

Pastikan juga pemutus aliran listrik dapat Anda jangkau dengan mudah, hal ini bermanfaat apabila terjadi konsleting listrik, kebakaran atau hal hal lain yang tidak diinginkan terjadi pada generator, Anda dapat dengan mudah memutus aliran tersebut sebelum hal hal yang tidak diinginkan tersebut sulit untuk dikendalikan.

Apabila Anda memiliki stok bahan bakar yang akan digunakan generator, ada baiknya simpan bahan bakar tersebut didalam wadah penyimpanan yang aman atau yang telah memang khusus dirancang untuk menyimpan bahan bakar, serta jangan menyimpan bahan bakar generator berdekatan dengan generator yang yang sedang menyala, karena hal tersebut dapat memicu kebakaran.

Gunakan lah bahan bakar yang direkomendasikan dalam buku panduan manual untuk penggunaan generator yang biasanya sudah terdapat pada saat pembelian generator.

Ketika ingin mengisi bahan bakar jangan pernah mengisi bahan bakar pada saat generator sedang menyala, ada baiknya Anda memiliki alat pemadam kebakaran yang terisi penuh yang disimpan berdekatan dengan generator.

Itulah info cara menggunakan generator agar aman saat digunakan agar hal hal yang tidak diinginkan bisa di hindari ketika menggunakan generator. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Jangan lupa baca juga cara menggunakan mesin industri lainnya hanya di sipolos.com.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply