Email: [email protected]

Cara Menggunakan Jangka Sorong Yang Tepat dan Benar


Berikut ini sipolos akan memberikan info cara menggunakan jangka sorong yang tepat dan benar. Sebelum kita membahas tentang cara penggunaan alat ini, ada baiknya kita akan mengenal sedikit tentang apa itu Jangka Sorong?

cara menggunakan jangka sorong

Pengenalan dan Fungsi Jangka Sorong

Jangka Sorong adalah salah satu alat ukur yang dapat digunakan untuk melakukan banyak hal pengukur pada sebuah benda. Beberapa diantaranya yaitu untuk mengukur sisi dalam pada suatu benda yaitu dengan cara masukkan mulut jangka sorongnya kemudian di ulur dan juga dapat mengukur sisi luar pada benda dengan cara diapit dengan menggunakan mulutnya. Alat ini juga dapat digunakan untuk mengukur tingkat kedalaman pada celah atau lubang pada benda yaitu dengan menancapkan atau menusukkan bagian bawah pada jangka sorong tersebut.

Dilihat dari bentuknya alat ini hampir mirip dengan kunci inggris, yaitu pada bagian rahang mulutnya bisa digeser berdasarkan keinginan kita. Tingkat ketelitian jangka sorong sendiri sangatlah efektif untuk pengukuran benda hingga 0,1mm. Cara menggunakan jangka sorong sendiri sebenarnya cukup mudah untuk dipelajari, karena pada dasarnya kegunaannya sendiri memang untuk membantu dan mempermudah dalam menentukan ukuran atau nilai dari besaran pokok. Akan tetapi perlu juga diperhatikan proses atau langkah dalam penggunaannya agar dapat mendapatkan hasil yang lebih akurat dalam pengukuran.

Beberapa Langkah Cara Menggunakan Jangka Sorong

Ada beberapa langkah dalam menggunakan jangka sorong agar dapat menghasilkan pengukuran yang akurat. Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu Anda ketahui dalam melakukan pengukuran menggunakan jangka sorong.

cara kerja jangka sorong

Hal pertama yang harus dilakukan dalam proses pengukuran menggunakan alat ini ialah dengan cara mengendurkan baut yang berfungsi sebagai pengunci, pastikan terlebih dahulu rahang mulut jangka sorong bekerja dengan baik. Lihatlah nilai pada saat rahang tertutup, pastikan pada saat tertutup jangka menunjukkan nilai angka 0 (nol). kemudian geser rahang mulut jangka sorong dengan menyesuaikan dengan benda yang ingin Anda ukur. Akan tetapi sebelum meletakkan rahang mulut ke benda harus diperhatikan terlebih dahulu bahwa rahang mulut jangka sorong dan permukaan benda yang ingin di ukur dalam keadaan bersih, hal ini untuk menghindari kesalahan tingkat akurasi dari hasil pengukuran.

Setelah dipastikan rahang mulut dan permukaan benda dalam keadaan bersih, langkah selanjutnya ialah dengan menutup rahang mulut hingga mengapit pada bagian benda yang ingin kita ukur. Posisikan lah dengan benar kemudian lihatlah skala yang ditampilkan pada jangka sorong. Jika mengikuti langkah diatas dengan benar seharusnya hasil yang Anda dapatkan adalah nilai yang akurat.

Alat ini juga mampu mengukur diameter pada sebuah benda, caranya tidak jauh berbeda dengan cara diatas, yaitu menggunakan rahang bagian atas, kemudian masukkan benda yang ingin Anda ukur lalu pastikan posisi benda lurus dan juga sama rata. Alat ini juga dapat digunakan untuk mengukur kedalaman sebuah benda, caranya yaitu tarik rahang lalu geser jangka menuju kedalam benda tersebut, pastikan bahwa benda dan jangka sorong tidak mengalami pergerakkan pada saat pengukuran agar dapat menghasilkan ukuran kedalaman yang akurat.

Itulah info cara menggunakan jangka sorong yang tepat dan benar agar dapat membatu Anda mendapat pengukuran yang maksimal. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam penggunaan jangka sorong. Jangan lupa baca juga cara menggunakan alat ukur lainnya hanya di sipolos.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply