Email: [email protected]

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup yang Tepat dan Benar


Berikut ini sipolos akan memberikan info cara menggunakan mikrometer sekrup yang tepat dan benar. Sebelum kita membahas tentang cara penggunaan alat ini, ada baiknya kita akan mengenal sedikit tentang apa itu mikrometer sekrup?

cara menggunakan mikrometer sekrup
source image : theanalogdept.com

Mikrometer sekrup adalah salah satu alat ukur yang biasa digunakan untuk mengukur besaran panjang pada sebuah benda. Hampir sama dengan jangka sorong, tingkat ketelitian pengukuran dengan mikrometer sekrup juga amatlah sangat tinggi bahkan mampu mengukur dengan tingkat ketelitian mencapai 0,01mm. Dalam ilmu fisika alat ini biasa digunakan untuk mengukur panjang, ketebalan serta diameter luar pada suatu benda. Alat ini memiliki bentuk yang terdiri atas rahang utama untuk skala utama dan juga rahang putar untuk selubung pengukur (skala nonius).

penggunaan mikrometer sekrup
source image: fisikazone.com

Skala utama pada mikrometer sekrup terbagi dalam satuan millimeter (mm) dan pada setiap 5mm diberi angka. Apabila selubung pengukur alat ini diputar satu kali putara penuh, maka rahang akan bergeser sebesar 0.5mm dan apabila diputar dua putaran penuh, maka rahan akan bergeser sebesar 1mm.

Selubung pengukur atau skala nonius yang terdapat pada mikrometer sekrup terbagi menjadi 50 bagian dan pada tiap 5 bagian biasanya diberi angka sehingga 1 skala nonius akan memiliki panjang 1/50 × 0,5 mm = 0,01 mm. Angka tersebut menunjukkan nilai dari skala terkecil nonius pada mikrometer sekrup. Itulah kenapa tingkat ketelitian dari mikrometer sekrup mencapai 0,01 mm.

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Untuk mendapatkan hasil pengukuran yang tepat dalam memakai mikrometer sekrup, ada beberapa hal yang harus di perhatikan pada saat menggunakan mikrometer sekrup. Berikut ini adalah hal hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan atau membaca alat ini.

  1. Untuk melakukan pengukuran menggunakan mikrometer sekrup, salah satu hal yang harus diperhatikan ialah cara memegang mikrometer sekrup serta memegang alat yang ingin di ukur agar hasil pengukurannya tepat dan benar.
    Ambillah mikrometer sekrup kemudian peganglah mikrometer sekrup dengan menggunakan tangan kanan Anda lalu usahakan supaya tidak menutupi skala pada posisi pengukuran agar hasil pengukuran dapat terlihat jelas. Kemudian tahan bingkai mikrometer sekrup menggunakan telapak tangan serta jari kelingking tangan kanan lalu gunakan jari tengah untuk menahan bingkai pada bagian bawah selubung pengukur, untuk telunjuk dan juga Ibu jari gunakan untuk memutar selubung pengukur dan juga gigi geser.

    Untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat pada gambar dibawah ini.

    mikrometer sekrup
    source image: gcseinengineering.com

    Kalau tangan kanan kita digunakan untuk memegang mikrometer sekrupnya, tangan kiri kita gunakan untuk memegang atau menggenggam benda yang yang ingin diukur.

    mikrometer sekrup 2

  2. Setelah mengetahui dengan benar cara memegang mikrometer sekrup tersebut selanjutnya ialah perhatikan penggunaannya, Pada saat melakukan putaran pada selubung, perhatikan lah pada pengukur kunci, pastikan pengukuran kunci dalam keadaan terbuka. kemudian telunjuk dan Ibu jari tangan kanan memutar selubung pengukur yaitu dengan cara memutar gigi geser. Pada saat melakukan pemutaran lakukan secara perlahan dan harus dihentikan putarannya pada saat terdengar suara “klik”. Hal tersebut perlu diperhatikan agar mikrometer sekrup tidak terjadi kerusakan.

Contoh menggunakan mikrometer sekrup untuk mengukur ketebalan kertas.

Setelah mengetahui cara memegang dan membaca mikrometer sekrup, berikut ini kita akan belajar melakukan pengukuran ketebalan kertas menggunakan mikrometer sekrup.

mengukur ketebalan kertas
source image : wonkeedonkeetools.co.uk
      1. Hal yang harus dilakukan pertama kali yaitu dengan membuka pengunci mikrometer sekrup sehingga selubung dapat bergerak.
      2. Kemudian letakkanlah benda yang ingin diukur (kertas) di antara rahangnya.
      3. Kemudian putarlah gigi geser secara perlahan pada selubung pemutar hingga terdengar suara “klik”.
      4. Ketika sudah terdengar suara “klik” hentikan putaran, kemudian kunci kembali mikrometer sekrup, hal ini dilakukan agar skala tidak berubah.
      5. Baca atau lihatlah skala utama apakah telah menunjukkan satuan atau tengahan satuan.
      6. kemudian baca atau lihat juga skala nonius yang tepat segaris dengan skala utama.
      7. cara mengetahui hasil pengukurannya yaitu dengan cara menjumlahkan skala nonius dengan skala utama, lalu jumlahkan kembali atau kurangi dengan ketelitian mikrometer sekrup.

Baca Juga : Cara Menggunakan Jangka Sorong Yang Tepat dan Benar

Itulah info cara menggunakan mikrometer sekrup yang tepat dan benar agar dapat membatu Anda mendapat pengukuran yang maksimal. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam penggunaan mikrometer sekrup. Jangan lupa baca juga cara menggunakan alat ukur lainnya hanya di sipolos.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply