Email: [email protected]

Cara Menggunakan Rice Cooker untuk Memasak Nasi yang Pulen


Pada Artikel kali ini sipolos akan membahas cara menggunakan rice cooker untuk memasak nasi dengan baik dan benar.

cara menggunakan rice cooker

Memasak nasi adalah kegiatan sehari hari yang dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga dan juga oleh para pemilik usaha makan. Ada beberapa cara untuk memasak nasi, diantaranya adalah cara tradional yaitu dengan cara dikukus. Memasak nasi dengan cara tradional perlu proses yang cukup panjang dan memakan waktu dan juga tentu pengetahuan yang lebih tentang cara memasak nasi dengan cara tradional, mungkin cara seperti itu hanya beberapa kalangan yang tau cara memasaknya.

Akan tetapi kini memasak nasi sangat mudah dengan bantuan rice cooker, dengan alat ini memasak nasi bukanlah hal sulit bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja. akan tetapi memasak dengan menggunakan rice cooker juga harus ada aturannya atau langkah langkah yang benar, agar nasi bisa matang dan sempurna dan juga rice cooker bisa tahan lama dan awet.

Cara Menggunakan Rice Cooker

Berikut ini adalah langkah langkah cara menggunakan rice cooker untuk memasak nasi

  1. Siapkan beras secukupnya dan cuci beras terlebih dahulu.
    menyiapkan berasSiapkan beras secukupnya sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan lupa untuk cuci beras dengan air terlebih dahulu agar beras bersih. Setelah di cuci lalu tiriskan beras sampai kering.
  2. Siapkan cangkir tangkar (cangkir ukur).
    gelas-tangkar-rice-cookerSiapkan cangkir tangkar atau cangkir ukur untuk menentukan komposisi ketika mencampurkan beras dengan nasi. Beberapa rice cooker biasanya sudah menyediakan cangkir tangkar yang sudah include dalam penjualan akan tetapi beberapa rice cooker tidak menyediakan gelas tangkar terpisah akan tetapi memiliki table pengukuran yang terdapat didalam penanak nasi yang ada didalam rice cooker.
  3. Komposisi antara air dan beras.
    komposisi beras dan airKomposisi yang salah antara air dan beras dapat mengakibatkan hasil nasinya tidak sesuai dengan harapan. Apabila kebanyakan air, bisa dipastikan nasi akan lembek bahkan bisa menjadi bubur. Namun apabila kebanyakan beras, bisa dipastikan nasi akan keras dan tentunya tidak enak dimakan. Berikut ini beberapa takaran untuk komposisi antara air dan beras yang mungkin bisa dijadikan acuan.
    Beras Putih :
    o bulir panjang – 1 3/4 cangkir air per 1 cangkir beras (420 ml air per 240 ml beras)
    o Beras putih, bulir sedang – 1 1/2 cangkir air per 1 cangkir beras (360 ml air per 240 ml beras)
    o Beras putih, bulir pendek – 1 1/4 cangkir air per 1 cangkir beras (300 ml air per 240 ml beras)
    Beras merah :
    o bulir panjang – 2 1/4 cangkir air per 1 cangkir beras (520 ml air per 240 ml beras)
  4. Tambahkan Perasa Sesuai Selera (Optional).
    perasa nasiBagi anda yang suka dengan nasi yang memiliki rasa bisa ditambahkan perasa, beberapa orang lebih suka menambahkan perasa seperti sedikit garam, mentega atau minyak. Jangan lupa, pada saat ingin menambahkan perasa. Masukan perasa kedalam air yang ingin ditambahkan ke nasi, hal ini bertujuan agar perasa bisa menyerap ke beras pada saat dimasak.
  5. Pastikan semua beras terendam air dan tidak ada yg menempel di tepi2 atas pada dinding panci.
    Gunakanlah sendok kayu atau plastik untuk membersihkan beras beras yang tidak terendam air atau beras yang menempel dinding panci. Apabila pada saat memulai memasak dengan rice cooker dan ada nasi yang tidak terendam dan menempel didinding panci, maka akan membuat hangus beras pada saat masa memasak.
  6. Hubungkan rice cooker ke sumber listrik (stopkontak) dan tekan tombol cook pada rice cooker.
    tombol cookSetelah beras dan air sudah dimasukkan kedalam panci rice cooker, hubungkan rice cooker ke sumber listrik atau stop kontak lalu tekan tombol cook untuk mulai memasak.
    perhatian :
    – Pada saat sedang proses memasak, jangan buka penutup rice cooker, karena apabila membuka penutupnya pada saat sedang proses memasak. Maka uang yang ada di dalamnya akan keluar dan tentu berakibat nasi akan matang tidak sempurna.
    – rice cooker akan otomatis berhenti memasak ketika suhu di dalam rice cooker telah melebihi titik didih air.
  7. Biarkan nasi selama 10 – 15 menit.
    Ketika rice cooker berhenti memasak, jangan langsung membuka penutupnya, diamkan terlebih dahulu kurang lebih selama 10 – 15 menit.
  8. Aduk nasi sebelum disajikan.
    Setelah nasi matang dan sudah didiamkan selama kurang lebih 10 – 15 menit, buka penutup rice cooker, kemudian aduklah nasi dengan sendok nasi, hal ini untuk memecah gumpalan pada nasi.
  9. Nasi Siap disajikan.
  10. Selamat Makan ^_^

nasi pulen

Itulah beberapa tips cara menggunakan rice cooker dalam memasak nasi agar menghasilkan nasi yang pulen dan enak. semoga artikel ini membantu bagi Anda yang baru pertama kali memasak nasi dengan rice cooker.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply