Email: [email protected]

Fungsi Lampu Penerangan Jalan Tenaga Surya


pju led tenaga surya

PJU (Penerangan Jalan Umum) adalah hal yang sangat penting dan wajib disediakan oleh setiap pemerintah daerah sebagai bentuk pelayanan atas pajak penerangan jalan yang dibayarkan oleh masyarakat. Sistem Penerangan Jalan Umum ini tidak hanya mempunyai fungsi sebagai penerangan semata saja, namun PJU juga untuk menentukan lebih lanjut bagaimana suatu sistem Penerangan Jalan Umum di desain serta direncanakan.

Beberapa fungsi dari pju diantaranya adalah :

1.Navigasi Pengguna Jalan

2.Keamanan dan Keselamatan Pengguna

3.Keindahan Lingkungan

4.Memberikan keuntungan komersial (misalnya: sebagai media untuk penempatan iklan)

Jika PJU difungsikan sebagai navigasi pengguna jalan maka PJU tersebut harus mempunyai pencahayaan yang kuat, cahayanya rata, tidak silau, warna cahaya tidak mengganggu dan tidak mempengaruhi warna objek benda yang ada di sekitarnya.

Sedangkan apabila PJU difungsikan sebagai sarana keamanan dan keselamatan pengguna jalan, maka PJU tersebut harus memperhatikan beberapa aspek seperti Warna cahaya bisa menembus kabut, menentukan batas minimal peredupan cahaya pada batas intensitas atau kuat cahaya yang masih aman untuk pengguna jalan, dan yang lainnya.

Lalu jika PJU tersebut difungsikan sebagai aspek keindahan lingkungan, maka kriteria yang harus diperhatikan lebih bersifat kepada keindahan penampakan visualnya saja seperti: tiang lampu pju mempunyai desain yang artistik, kombinasi warna menarik, mempunyai bentuk luminer yang antik, dan lainnya.

Terakhir, jika PJU diperuntukkan untuk keuntungan komersial, maka yang harus diperhatikan adalah peletakan PJU itu sendiri. Letak tiang lampu tenaga surya harus berada di sisi jalan dan bisa menarik perhatian pengguna jalan.

Meskipun PJU berperan sangat penting dan mempunyai banyak manfaat, akan tetapi tidak sedikit pemerintah daerah yang kesulitan untuk membiayai biaya operasional PJU. Tidak sedikit pemda yang menunggak kepada PLN, sehingga berakibat kepada pemadan PJU secara paksa, padahal hal tersebut sangat merugikan serta membahayakan keselamatan pengguna jalan. Lalu bagaimana solusinya?

Salah satu solusinya adalah menggunakan lampu penerangan jalan tenaga surya. Adapun yang dimaksud dengan lampu penerangan jalan tenaga surya adalah lampu yang daya listriknya berasal dari energi matahari. Tidak hanya mempunyai istilah sebagai lampu penerangan jalan tenaga surya saja, namun ada pula yang menyebutnya sebagai PJUTS, PJU Tenaga Surya, PJU LED Tenaga Surya, dan PJU Solar Cell.

Apapun itu namanya, semua istilah tersebut akan mengacu kepada sebuah lampu dengan daya listriknya yang berasal dari energi matahari. Lampu penerangan jalan tenaga surya terdiri dari komponen pembangkit, komponen beban serta komponen pendukung.

Baca juga : Inilah Keunggulan PJU LED Tenaga Surya

Adapun yang termasuk ke dalam komponen pembangkit adalah panel surya, solar charge controller dan baterai. Untuk komponen beban adalah lampu LED. Sedangkan untuk komponen pendukung pada lampu penerangan jalan tenaga surya adalah sistem pembangkit tenaga surya itu sendiri yang bertujuan untuk menyuplai listrik kepada komponen beban. (Advertorial)

Have any Question or Comment?

Leave a Reply