Email: [email protected]

Jadilah Pemenang, Jangan Menyerah dan Berjuanglah Hingga Akhir


jadilah pemenang
Ilustrasi

Mempunyai mental pejuang di dalam diri sendiri adalah sebuah hal yang banyak dimiliki oleh orang-orang. Namun, seberapa banyak orang yang memiliki mental pejuang hingga titik akhir, di mana mereka akan melakukan apapun untuk mencapai tujuannya, bahkan meski itu menjadi sebuah tindakan yang tidak lazim pada pandangan orang awam.

Sebagian besar dari kita hanya akan begitu bersemangat di awal-awal saja, ini berlaku untuk semua hal yang kita kerjakan di dalam kehidupan kita. Kita hanya akan berjuang sebatas yang kita mau, bukan sejauh yang kita mampu, dan inilah yang membedakan seorang pejuang sesungguhnya dengan pejuang yang hanya bersemangat sesaat saja. Lalu, bagaimana kita bisa menjadi seorang pemenang?

Baca juga : 5 Kualitas ini Bisa Dijadikan Prinsip Untuk Selalu Hidup Tenang

Perjuangan sebatas rencana semata

Seringkali kita memiliki banyak rencana di dalam hidup kita, bahkan mungkin saja banyak sekali jumlahnya. Ini tentu bukan sebuah hal yang buruk, sebab hidup ini akan selalu membutuhkan rencana. Namun apa jadinya jika rencana tersebut tidak pernah direalisasikan, atau bahkan hanya dijalankan di awal-awal saja dan selanjutnya menjadi sebuah pekerjaan tertunda yang abadi.

Percaya atau tidak, sebagian besar dari kita akan melakukan hal tersebut, di mana kita begitu bersemangat dan berjuang keras hanya di awal sebuah rencana dan tidak pernah melanjutkannya ke sebuah pekerjaan yang sempurna. Mungkin saja kita akan mengalami kegagalan ketika melakukannya, namun jika tidak pernah dilakukan, bagaimana kita akan tahu kalau kita mungkin juga akan berhasil di dalam hal tersebut?

Hidup tentu selalu penuh resiko, namun membuang peluang untuk berhasil dan menyerah di tengah jalan adalah sebuah kesalahan. Berikanlah semua yang kita mampu, sehingga saat gagal sekalipun kita merasa senang dan bahagia sebab telah melakukan yang terbaik untuk hal tersebut. Ini bukan tentang apa yang akan kita dapatkan, namun bagaimana kita akan berjuang untuk mendapatkan apa yang kita inginkan di dalam kehidupan. Salah satu cara ketika ingin memulai dan tak ingin rencana tersebut berhenti ditengah jalan adalah dengan menetapkan dalam hati jadilah pemenang dan terus bayangkan bahwa diri Anda adalah pemenang, ketika kita sudah mulai lelah atau bosan di tengah jalan selalu ingat kembali apa yang sudah kita tetapkan dalam hati yaitu jadilah pemenang. Mari sedikit kita lihat sebuah cerita inspirasi dari kegigihan Etenesh Diro berikut ini.

Belajar dari kegigihan Etenesh Diro

Atlit lari berusia 25 tahun ini, baru saja menunjukkan betapa sebuah perjuangan bisa saja dilakukan dengan maksimal, meski itu di dalam sebuah kondisi yang sangat tidak mendukung sekalipun. Semangatnya yang luar biasa untuk berjuang hingga titik akhir, menjadi hal yang patut diapresiasi dengan sangat baik. Bukan kemenangan, namun semangat juang yang dimilikinyalah yang membuatnya menjadi seorang pemenang.

Atlit berdarah Etiopia ini mewakili negaranya dalam cabang olah raga lari di Olimpiade Rio 2016. Ia mengikuti babak penyisihan pada hari Sabtu, 13 Agustus 2016 lalu, untuk ketegori lari halang rintang 3000 meter. Pada awal perlombaan semua berjalan dengan lancar, hingga di pertengahan lomba ia mengalami masalah dengan sepatunya yang tersangkut pada peserta lain di dekatnya. Tidak mudah menyerah, atlit ini berhenti sesaat dan melepas kaos kaki dan sepatu kanannya tersebut, kemudian dia melanjutkan kembali perlombaan itu dengan hanya menggunakan sepatu kirinya saja. Bukan sebuah hal yang mudah tentunya, mengingat 3000 meter adalah jarak tempuh yang cukup jauh.

Usaha Etenesh membuahkan hasil, dalam babak penyisihan tersebut ia berhasil finish pada urutan ke 7. Posisi ini membuatnya ikut serta ke dalam babak final. Di final ia hanya berhasil finish di urutan ke 15 dan gagal menjadi juara. Namun, perjuangan Etenesh menuju ke sana adalah sebuah hal yang patut dipuji, meskipun ia tidak berhasil menjadi juara dalam perlombaan tersebut. Ia berusaha dengan keras untuk berjuang hingga titik akhir, walau dalam kondisi tersulit dan bahkan tidak mungkin bagi pandangan sebagian orang.

Baca juga : Kukayuh Sepeda Untuk Menuju ke Mekkah
Baca juga : Putus Asa atau Berusaha, Mana Pilihan Kamu?

Cerita diatas mengajarkan kita untuk terus berjuang walaupun di tengah perlombaan terjadi masalah, dia terus berusaha sampai menuju garis finish. Itulah kenapa penting untuk menetapkan dalam diri kita jadilah pemenang. Dengan menetapkan kata tersebut kita akan terus termotivasi untuk terus berjuang sampai akhir.

Semoga cerita ini memberikan manfaat bagi seluruh pembaca sipolos, jangan lupa baca kisah inspiratif lainnya hanya disini.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply