Email: [email protected]

Berhentilah mencari “Kambing Hitam” Dari Masalah yang Kita Perbuat


kambing hitam
Ilustrasi

Apakah kalian pernah mendengar istilah seseorang yang menjadi kambing hitam? Benar sekali maksud dari istilah tersebut bukanlah seseorang berubah menjadi seekor kambing berwarna hitam, akan tetapi yang dimaksud adalah ketika seseorang membuat kesalahan, agar dia terhindar dari kesalahan yang dibuat olehnya maka dia mencari seseorang yang dijadikan korban agar kesalahan tersebut tertuju pada korban tersebut. korban itulah yang disebut sebagai kambing hitam.

Kita mungkin memiliki sejumlah masalah dan berbagai hal yang tidak menyenangkan di dalam hidup. Menemui berbagai kondisi yang tidak mengenakkan atau bahkan bertemu dengan orang-orang yang tidak menyenangkan. Semua hal tersebut tentu sangat menjengkelkan, dan bahkan terkadang akan membuat kita begitu lelah dan muak selama menghadapinya, bukan?

Baca juga : Belajar Bijak dari Hal yang Paling Kecil

Kita akan selalu berupaya untuk menghindar, mencari berbagai alasan atas masalah yang kita temui namun tidak pernah benar-benar kita hadapi dan selesaikan dengan baik. Kita juga akan mencari pembenaran atas sikap yang sekarang, termasuk menyalahkan kondisi dan berbagai hal yang kita tidak sukai namun selalu datang menghampiri. Intinya, kita akan berusaha melarikan diri, lagi dan lagi, tanpa berupaya untuk menghadapi hidup ini dengan dewasa dan tenang. Kita selalu mengasihani diri kita sendiri, tanpa mau tahu betapa kita sedang membawa diri kita semakin terpuruk dan terpuruk setiap hari.

Masalah dan masalah, bukankah semua orang juga mengalami hal yang sama dan selalu menemuinya di dalam hidup ini? Namun, kita mungkin selalu menemuinya tanpa pernah sekalipun berupaya untuk mengatasinya.

Reaksi awal yang berlebihan

Sebagian orang berpendapat bahwa masalah adalah seni dari hidup ini, sebab hal ini akan membawa banyak perubahan di dalam kehidupan kita, baik itu perubahan positif atau perubahan ke arah negatif. Namun, sebagian besar dari kita akan memberikan respon yang berlebihan ketika berhadapan dengan masalah, di mana berbagai dampak negatif akan segera terbayang setelah bertemu dengan sebuah masalah. Sementara di lain sisi, sebenarnya kita memiliki kesempatan yang sama besarnya untuk memikirkan dampak positif yang bisa kita ambil dari masalah tersebut, namun kita tidak melakukan hal tersebut. Inilah masalah yang sesungguhnya.

Berbagai gambaran negatif tersebutlah yang kemudian membuat kita takut, khawatir, merasa lemah, dan bahkan menyerah tanpa berupaya untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah yang muncul. Kita akan mencari aman, atau bahkan menghindar dan mencari kambing hitam atas masalah tersebut. Hal ini akan berlangsung dan berjalan secara terus menerus, setiapkali kita menemukan masalah atau bahkan hal-hal yang tidak menyenangkan di dalam hidup kita. Ini tentu sebuah tindakan yang salah, bahkan kesalahan yang fatal dan akan membuat kita tidak bahagia dalam menjalani kehidupan yang kita miliki

Masalah harus dihadapi, bukan dihindari

Perbaiki hal ini dan mulailah mengubah pola pikir yang keliru selama ini. Ketahuilah dengan baik, bahwa diri kita mampu dan bisa menghadapi berbagai masalah dan tantangan hidup yang kita alami. Yakini hal tersebut, sehingga berbagai rasa khawatir dan rasa takut tidak akan selalu menghantui pikiran dan juga kehidupan kita.

Miliki rasa percaya diri yang baik, termasuk kemampuan untuk menghadapi berbagai hal besar di masa kini dan masa yang akan datang. Hal ini akan membantu kita untuk selalu optimis dan yakin pada kemampuan diri kita dalam menghadapi berbagai masalah yang datang. Ambil keputusan-keputusan yang penting dan memberikan efek positif bagi kehidupan kita, sehingga kita bisa menghadapi secara mandiri berbagai kendala dan juga tantangan yang datang menghadang.

Baca juga : Putus Asa atau Berusaha, Mana Pilihan Kamu?

Jangan pernah lari dari masalah dan juga kenyataan yang ada dan sekali lagi jangan pernah mencari kambing hitam, bahkan meski hal tersebut begitu berat dan terlihat sulit. Yakinlah pada pertolongan tangan Tuhan dan juga kemampuan diri kita dalam menghadapi masalah dan tantangan, maka hidup kita akan selalu tenang dan nyaman.

Semoga cerita ini bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi seluruh pembacanya. Jangan lupa baca cerita lainnya hanya di Sipolos.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply