Inilah Kelebihan Dari Mesin Cetak Offset Vs Mesin Cetak Digital

0 163

mesin cetak offset vs mesin cetak digital

Seiring dengan berkembangnya zaman dan juga teknologi, dunia industri percetakan pun mengalami perkembangan, yakni dari segi mesin cetak itu sendiri. Di dunia percetakan sendiri, mesin cetak terbagi menjadi 2 jenis, yakni mesin cetak offset dan mesin digital Printing.

Jenis mesin cetak offset adalah jenis teknologi yang sudah digunakan sejak bertahun-tahun yang lalu, akan tetapi karena kehandalannya mesin cetak offset masih digunakan sampai sekarang. Berbeda dengan satunya lagi yakni mesin digital Printing, teknologi mesin ini tergolong masih baru.

Sebagian di antara kita tentu ada yang bertanya-tanya, “Sebenarnya, apa perbendaan mesin cetak offset dan mesin cetak digital?” Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak artikel ini lebih lanjut.

Mesin cetak offset masih memakai plat yang digunakan sebagai media transfer yang akan dicetak ke media cetak baik berupa kertas, plastik dan lainnya. Dikarenakan teknologi mesin offset masih menggunakan plat, maka jasa cetak offset ini masih tergolong mahal apabila digunakan untuk cetakkan dalam jumlah yang sedikit. Mengapa bisa demikian? Sebab Anda mesti membayar harga plat, kertas dan juga biaya produksinya.

Berbeda halnya dengan jenis mesin cetak digital Printing, teknologi pada mesin ini tidak membutuhkan atau tidak menggunakan plat sebagai media transfernya, melainkan bisa langsung dicetak melalui komputer seperti halnya menggunakan mesin Printer, dengan demikian biaya yang diperlukan untuk mencetak dengan menggunakan mesin digital Printing akan jauh lebih murah meskipun jumlah cetaknya hanya sedikit.

Dari penjelasan di atas, pasti banyak yang menyimpulkan “jika seperti itu maka lebih baik memakai mesin digital Printing saja”.

Kesimpulan tersebut tidak benar, semuanya tergantung kondisi dan kebutuhan Anda selaku konsumen. Perlu Anda ketahui, di antara kedua mesin tersebut terdapat kelebihannya satu sama lain. Berikut ulasannya.

Kelebihan mesin cetak offset:

  • Semakin banyak jumlah pesanannya, makan akan jauh lebih murah.
  • Semakin tebal kertas yang dipergunakan maka akan semakin terasa kasar, seperti kertas tekstur.
  • Dari segi ukuran kertas yang ingin digunakan jauh lebih besar ketimbang digital Printing, yakni bisa lebih besar hingga A1 atau A0.
  • Menggunakan mesin cetak offset bisa mencetak dengan warna khusus, contohnya warna emas dan warna silver.
  • Jika mencetak dengan menggunakan tinta full block, maka hasilnya akan lebih tajam dan warnanya pun lebih merata.

Sejumlah kelebihan tersebut tentu ada kekurangannya, jika menggunakan mesin cetak offset maka Anda haru menunggu selama 1 – 3 hari kerja. Cetak offset terdiri dari beragam jenis, antara lain cetak offset 1 warna, cetak offset 2 warna, cetak offset 4 warna, dan cetak offset full Color, Apabila ingin mendapatkan hasil cetakan yang paling bagus Anda bisa menggunakan jasa cetak offset full Color dari perusahaan yang berpengalaman.

Kelebihan mesin cetak Digital :

  • Hasil cetakkan menggunakan mesin digital Printing sangat cepat, hasil cetakkan bisa selesai pada hari itu juga.
  • Untuk cetakkan satuan ataupun dalam jumlah banyak, perbedaan harga cetaknya tidak begitu mencolok.
  • Apabila ingin hasil cetakannya mempunyai beberapa perbedaan di sejumlah bagiannya, maka mesin cetak ini dapat menanganinya. Contohnya ingin mencetak dengan warna atau ukuran Font yang berbeda.

Artikel terkait :

Itulah kelebihan dari mesin cetak offset vs mesin cetak digital, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa kunjungi terus sipolos.com untuk artikel bermanfaat lainnya.

Leave a Reply