Macam – Macam Mesin Genset Berdasarkan Bahan Bakarnya

0 227

Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok di era modern ini. Hampir setiap peralatan rumah tangga, kantor, sekolah hingga peralatan pribadi seperti ponsel, laptop membutuhkan sumber daya untuk menghidupkannya. Genset merupakan teknologi yang memang sudah tak baru lagi. Genset dapat digunakan untuk membangkitkan listrik ketika ada pemadaman listrik dari pln.

Macam – Macam Mesin Genset

Pada dasarnya Genset sendiri memiliki banyak jenis. Adapun mesin genset berdasarkan bahan bakar dibagi menjadi 6 macam yang diantaranya;

1. Mesin Genset Gas

mesin genset gas

Mesin genset gas adalah genset yang menggunakna bahan bakar gas untuk menyalakannya, gas yang biasa dipakai untuk menghidupkan genset jenis ini adalah LPG (Liquid Petroleum Gas), atau CNG (Compressed Natural Gas). Bila dibandingkan dengan harga jual genset bensin, mesin genset gas memiliki harga yang cukup tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh mahalnya harga gas seperti CNG (Compressed Natural Gas), sehingga penggunaan genset gas perlu dipertimbangkan pembiayaanya.

2. Mesin Genset Diesel

genset diesel

Mesin genset diesel sangat umum digunakan oleh sebagian orang. Mesin genset ini sangat mudah diaplikasikan dan dioperasikan. Selain itu genset jenis ini memiliki kapasitas watt yang sangat tinggi yaitu kisaran 5kW ( 5.000 watt) hingga 2Mw (2.000.000 watt). Genset diesel pun biasanya memiliki silinder dari 2 hingga sampai 16 silinder bergantung dari jenis dan merknya. Namun kekurangan dari genset bahan bakar diesel ini adalah harga jualnya yang jauh lebih mahal bila dibandingkan harga jual genset bensin.

3. Mesin Genset Bensin

genset bensin

Mesin genset bensin juga menjadi salah satu genset yang paling banyak diminati karena harga jual genset bensin ini lebih murah dibandingkan yang lain. Mesin genset ini memanfaatkan bahan bakar bensin dan dapat menghasilkan listrik dengan kapasitas hingga 10kW (10.000 watt). Penggunaannya pun mudah dan dapat diaplikasikan pada rumah – rumah yang tidak membutuhkan daya terlalu basar.

4. Mesin Genset Portable

genset portabel

Mesin genset portable adalah genset yang biasa digunakan diluar atau dapat dibawa kemana – mana. Biasanya mesin genset ini memiliki ukuran yang kecil. Biasanya dipakai untuk menyalakan listrik di lapangan atau perkemahan.

5. Mesin Genset Turbin

genset turbin

Mesin genset turbin adalah genset yang memiliki kapasitas paling beser bila dibandingkan dengan genset lainya. Kapasitas genset ini dapat mencapai 2Mw (2.000.000 watt), Dengan menggunakan genset ini, Satu kota kecil dapat dihidupkan dengan cara menggabungkan beberapa turbin. Namun untuk membangun sebuah mesin genset turbin dibutuhkan perhitungan yang tepat dan cermat sesuai dengan kondisi sekitar. Turbin – turbin yang dimaksud bisa berupa turbin air, turbin uap, turbin udara yang nantinya akan menghasilkan putaran ke generator untuk menghasilkan listrik.

6. Mesin Genset Urine

genset urine

Dengan berkembangnya teknologi yang ada, Mesin genset bahkan bisa dibut dengan berbahan bakar urine. Inovasi menarik ini dibuat oleh empat pelajar dari afrika bernama Duro-Aina (14 tahun), Akindele Abiole (14 tahun), Faleke Oluwatoyin (14 tahun) dan Bello Eniola (15 tahun). Kabarnya genset ini dapat menghasilkan listrik selama 6 jam per 1 liter urine.

Leave a Reply