Blog Inspirasi Hidup Untuk Indonesia

Menunda, Sebuah Kata sederhana yang Dapat Menentukan Masa Depan Anda

11 9,299

menunda pekerjaan

Menunda mungkin memang bukan sebuah dosa atau sesuatu yang sangat memalukan dan membuat hidup kita tercela di mata orang lain. Namun, jika kita selalu melakukannya dan mengulanginya kembali dengan baik, maka ini bisa menjadi sebuah kebiasaan buruk yang akan sangat sulit untuk dihilangkan dari dalam diri kita, meskipun kita sangat berharap untuk bisa mengubahnya.

Baca juga : Ingatlah Jangan Pernah Menilai Sesuatu Hanya Dari Luarnya Saja

Menunda pekerjaan serta berbagai hal lainnya di dalam kehidupan kita adalah sebuah hal yang sangat sering kita lakukan, bahkan meski itu seringkali menimbulkan berbagai masalah bagi diri kita sendiri. Kita begitu senang melakukan hal ini, mengulangnya lagi, dan melakukannya kembali, sehingga kebiasaan ini bisa saja menjadi bagian dari diri kita dan bahkan menjadi karakter yang melekat sedemikian rupa. Ini bukanlah sebuah kebiasaan yang baik, bahkan meski hanya terjadi sesekali saja, kebiasaan ini akan sangat merugikan diri kita sendiri.

Menundah Sebagai Hambatan bagi masa depan

Kebiasaan menunda – nunda pekerjaan tentu menjadi hal yang cukup merepotkan, terutama jika ternyata kita memiliki kebiasaan untuk menyelesaikan segala sesuatunya di saat-saat terakhir. Bayangkan, bagaimana sebuah pekerjaan harus diselesaikan dalam waktu yang mendesak dan terburu-buru, sudah tentu hasilnya tidak akan sempurna dan mungkin saja memiliki banyak kekurangan. Ini tentu sangat merugikan, bukan?

Jika kita membiarkan kebiasaan ini selalu terjadi di dalam kehidupan kita, maka akan ada banyak sekali kesempatan baik yang terbuang dengan percuma. Bila menjadi seorang pebisnis yang suka menunda – nunda pekerjaan, maka bisa dipastikan sejumlah peluang bisnis akan terlewatkan dengan sia-sia akibat kebiasaan menunda – nunda. Di saat orang lain telah selesai mempresentasikan bisnisnya, kita baru saja akan menyusun bahan untuk kegiatan tersebut di dalam bisnis kita. Sudah bisa dipastikan, kita akan terpuruk dan tertinggal jauh di belakang pesaing-pesaing lainnya.

Bahkan meski hanya menjadi seorang pekerja kantoran sekalipun, kebiasaan menunda ini akan menjadi sebuah hambatan besar di dalam karir kita. Perusahaan akan selalu melihat ketangkasan dan juga kecerdasan seseorang yang akan mereka promosikan, bukan seseorang yang selalu keteteran dengan sejumlah jadwal dan juga pekerjaan yang tertunda. Kesempatan untuk memiliki karir yang cemerlang, akan menjadi sebuah hal yang “mustahil” jika kita memiliki kebiasaan menunda – nunda pekerjaan.

Berubah untuk masa depan yang lebih cerah

Meninggalkan sebuah kebiasaan yang telah bertahun-tahun dilakukan, tentu bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan niat dan juga kerja keras untuk bisa mengubah kebiasaan menunda – nunda yang kita miliki. Mulailah menghargai setiap waktu yang kita miliki, sehingga kita bisa menggunakannya untuk berbagai hal yang berguna di dalam kehidupan kita. Miliki motivasi yang kuat untuk berubah, sebab jika tidak sekarang, kapan lagi kita akan melakukannya?

Jangan malas untuk mendisiplinkan diri, meskipun ini akan terasa sangat sulit untuk dilakukan. Dengan disiplin yang tinggi di dalam diri kita sendiri, maka kebiasaan menunda – nunda yang kita lakukan selama ini perlahan akan hilang dan tergantikan dengan kebiasaan disiplin dan tepat waktu. Kita akan terbiasa dengan kehidupan yang lebih teratur dan terjadwal, sehingga berbagai urusan dan pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Cintai pekerjaan yang kita miliki saat ini, sehingga kita akan memiliki rasa tanggung jawab yang besar serta keinginan untuk berhasil di bidang tersebut. Jika kita memiliki keinginan untuk maju dan berhasil di masa depan, maka lakukan hal tersebut dari sekarang, berhentilah menunda – nunda pekerjaan dan juga kesuksesan.

Baca juga : Jangan Memaksa, Karena Sesekali Kamu Akan Merasa Rapuh Juga.

Semoga Artikel tentang pentingnya menghindari sifat yang menunda pekerjaan ini dapat bermanfaat. Jangan lupa baca cerita inspiratif lainnya hanya di sipolos.com

11 Comments
  1. sekilapinfo says

    menunda itu memang menyenangkan,tetapi berujung menyesatkan….huh

    1. sipolos says

      benar sekali gan.

  2. Adnan says

    Apa manfaat jika kita tidak menunda?

    1. sipolos says

      Banyak sekali manfaat kalau kita tidak menunda.
      Sebagai contoh dalam pekerjaan. kalau kita tidak menunda pekerjaan maka pekerjaan kitapun dapat selesai lebih cepat.

  3. gien says

    postingannya mantap – mantap dan sangat inspiratif

    1. sipolos says

      Semoga bermanfaat yah gan. 🙂

  4. dianbp17 says

    btul skli gan. s7

  5. yudha says

    ijin copas 🙂

    1. sipolos says

      Silahkan gan.

  6. Anisa says

    Menunda karena tidak yakin kalau itu sudah benar apakah menghambat kesuksesan.

    1. sipolos says

      yang jadi pertanyaan, seberapa lama menundanya ketika Anda tidak yakin itu sudah benar?
      selama memang ada batas waktunya itu tidak jadi masalah.
      seperti contoh, kita dikasih tugas sama atasan kita untuk mengerjakan sesuatu dan kasih waktu selama 3 jam. namun kita sudah menyelesaikannya dalam waktu 1 jam, masih ada waktu 2 jam. jadi tidak ada salahnya kita koreksi lagi pekerjaan kita sampai benar2 yakin kalau itu sudah benar. karena masih ada waktu tersisa selama 2 jam. setelah kita sudah yakin baru kita serahkan keatasan kita.

      jangan sampai cuma karena kita tidak yakin kita terus menunda menyerahkan hasil kerja kita sampai kita sudah melewati batas waktu yg diberikan oleh atasan kita.

Leave a Reply