Email: [email protected]

Inilah Keunggulan PJU LED Tenaga Surya


pju led tenaga surya

Pencahayaan jalan umum atau Penerangan Jalan Umum (PJU) adalah aspek penting yang harus ada dalam penataan kota. PJU mempunyai peran yang sangat penting bagi pengendara, antara lain sebagai pedoman navigasi ketika berkendara di malam hari, meningkatkan keamanan dan juga keselamatan pengendara, menambah unsur estetika, dan bisa memberikan nilai tambah ekonomi untuk suatu daerah.

Namun sangat disayangkan, banyak pemerintah yang masih mengalami kendala dalam hal menyediakan PJU yang hemat energi. Tidak sedikit pemerintah yang mengalami kesulitan dalam pembiayaan pengelolaan operasional PJU yang dimilikinya, diakibatkan tingginya biaya energi yang mesti dibayarkan pada perusahaan penyedia listrik yakni PLN.

Kondisi tersebut mengakibatkan masyarakat tidak bisa menikmati layanan penerangan di jalan umum dengan optimal ketika malam hari. PJU menjadi hal penting yang mesti disediakan oleh pemerintah sebagai bentuk layanan pajak penerangan jalan yang dibayarkan oleh pemerintah. Akan tetapi tidak sedikit pemerintah daerah yang masih kesulitan dalam hal pembiayaan operasional Lampu Penerangan Jalan. Tidak jarang pula pemerintah daerah yang menunggak pembayaran kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) , alhasil Penerangan Jalan Umum dipadamkan secara paksa, padahal hal tersebut akan sangat merugikan serta membahayakan keselamatan masyarakat.

Permasalahan tersebut terjadi karena pemerintah daerah belum membenahi sistem PJU serta masih menerapkan kontrak Lupsum. Agar Penerangan Jalan Umum hemat energi, solusinya adalah dengan menggunakan PJU LED Tenaga Surya.

PJU LED Tenaga Surya adalah sebuah penerangan jalan umum di mana daya listriknya disuplai oleh sistem mandiri yang didapatkan dari energi matahari. Ada banyak istilah PJU yang di gunakan, tidak hanya PJU LED Tenaga Surya saja, namun juga ada Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), PJU Solar Cell, Lampu Penerangan Jalan Tenaga Surya dan lainnya. Apapun itu namanya, pada intinya itu semua akan mengacu pada komponen utama penghasil energi yang ada di dalam sistem PJU tersebut, yakni berasal dari tenaga surya.

Berbicara mengenai PJU LED Tenaga Surya, tentu sebagian dari kalian ada yang bertanya, apa saja keunggulannya? Untuk mengetahui keunggulan PJU LED Tenaga Surya, simak artikel ini lebih lanjut.

Keunggulan PJU LED Tenaga Surya

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh PJU LED Tenaga Surya, beberapa diantaranya sebagai berikut.

Ramah Lingkungan dan Bebas Polusi

PJU LED Tenaga Surya tidak memberikan kontribusi pada perubahan iklim yang ada. Hal tersebut disebabkan sistem listrik pada PJU tidak memancarkan gas yang berbahaya, seperti karbondioksida. Tidak hanya itu, lampu PJUTS pun tidak mengakibatkan polusi udara atau dengan kata lain tidak berisik.

Sumber Energi Tidak Terbatas

Energi yang digunakan lampu PJU LED Tenaga Surya berasal dari tenaga matahari, dan energi matahari tidak akan ada habisnya. Indonesia sendiri adalah negara yang berada di sekitar garis khatulistiwa, di mana matahari akan bersinar sepanjang tahun, dan itu artinya energi matahari akan selalu ada kapan saja dan di mana saja. (Advertorial)

Have any Question or Comment?

Leave a Reply